9 Software Perekam Layar Gratis (Free Screen Recorder)

/>

Kita tentunya pernah menonton video tutorial tentang berbagai hal, seperti tutorial cara menggambar, edit foto, cara pemakaian suatu software, cara membuat suatu blog dan lain-lain. Software screen recorder (perekam layar)  ini sangat membantu  untuk mengajar seseorang bagaimana cara menggunakan sebuah program. Video-video tutorial yang seperti itu dibuat dengan menggunakan software perekam layar atau dalam bahasa Inggrisnya disebut sebagai screen recorder.  Perekam layar (screen recorder) di sini mempunyai pengertian, apa saja yang sedang kita kerjakan di komputer ini, dapat kita rekam dan file-nya kita simpan dalam bentuk video.

Software screen recorder (perekam aktifitas layar komputer) ada yang berbayar juga ada yang gratis (free). Dan kali ini logodangambar  akan berbagi informasi tentang Free screen recorder software (perekam layar gratis). Sahabat logodangambar dapat memilih salah satu dari daftar free screen recorder software (perekam layar gratis) di bawah ini yang sekiranya cocok.


1. CamStudio 
9 Software Perekam Layar Gratis (Free Screen Recorder)

CamStudio ini adalah salah satu free screen recorder software yang paling populer dikalangan para pembuat video tutorial. Namanya memang mirip dengan screen recorder berbayar lainnya, yaitu Camtasa Studio. Untuk ukuran software gratis, CamStudio dilengkapi dengan banyak fitur pilihan. Di antaranya adalah kita bisa mengaktifkan atau menonaktifkan kursor mouse kita. Juga ada pilihan merekam suara dari program atau dari mikrofon (atau tidak memiliki suara sama sekali) dan pilihan untuk mengaktifkan penjelasan layar kustom. 
Kita juga dapat memilih untuk merekam daerah tertentu pada layar komputer kita atau jendela program sehingga sisa desktop kita tidak tampil di rekaman. Free screen recorder software ini dapat merekam dengan kecepatan frame rate yang berbeda; misalnya 1 FPS (frame per detik) untuk membuat efek video selang waktu, atau 30 FPS untuk video yang halus. 

2. Screenr 
9 Software Perekam Layar Gratis (Free Screen Recorder)

Kalau free screen recorder software (software perekam layar gratis) yang satu ini adalah cara rekam layar komputer secara online. Kita tidak perlu menginstall di komputer kita. Kita memilih area pada layar yang ingin kita rekam, namun waktu yang diberikan maksimal hanya lima menit.  Semua rekaman bisa disimpan ke dalam komputer kita. Setelah melakukan perekaman kita akan diberi link untuk berbagi. Kita juga dapat mengekspor video ke MP4 atau langsung meng-upload di situs YouTube.
Screenr juga menyediakan bookmarklet sehingga Anda dapat merekam tanpa pergi ke situs web. Bisa daftar dengan akun Twitter,  Facebook, Linkedln, Google, Yahoo atau Windows Live. Jika sahabat nyaman memakai Screenr ini, sahabat dapat memakainya secara gratis. 

3. Rylstim 
9 Software Perekam Layar Gratis (Free Screen Recorder)

Free screen recorder software (software perekam layar gratis)  yang ketiga adalah Rylstim. Rylstim akan berguna untuk orang-orang yang tidak ingin mengkonfigurasi apa-apa kecuali hanya menginginkan perekam layar dasar. Program ini tidak ada aplikasi untuk  merekam suara dari perangkat input seperti mikrofon. 

Pilihan yang tersedia hanya untuk menentukan apakah kita ingin menampilkan klik kiri atau klik kanan tombol mouse dalam video kita nantinya. Jika kita mengaktifkan pilihan klik mouse, riak merah akan muncul di kursor  ketika kita centang klik kiri dan riak hijau akan muncul untuk klik kanan. Efek riak klik mouse ini hanya akan terlihat ketika kita lihat dari hasil rekaman yang kita lakukan. 

4. Ezvid    
9 Software Perekam Layar Gratis (Free Screen Recorder)

Screen recorder yang ke empat adalah Ezvid. Program Ezvid ini merupakan software atau program perekam layar yang dilengkapi dengan editor video built-in di mana kita dapat membagi rekaman dan menambahkan teks di antara dua klip, atau menambahkan efek slide. Kita dapat meng-upload video ke YouTube melalui program tersebut. 

Untuk gamer, ada pilihan untuk mengaktifkan 'modus Gaming' yang menyimpan mode windowed permainan Anda. Dalam program ini disediakan beberapa klip musik. Kita dapat menambahkan gambar lain dan klip video, serta juga dapat menambahkan suara kita. 

5. BlueBerry FlashBack Express Recorder  
9 Software Perekam Layar Gratis (Free Screen Recorder)

BB (singkatan BlueBerry) FlashBack Express Recorder memungkinkan kita menggunakan webcam kita untuk merekam diri sendiri ketika sedang merekam kegiatan yang terjadi di desktop.  

Jika kita tidak mengaktifkan webcam Anda, kita dapat melewatkan program editor video dan mengekspornya ke format file AVI. Free screen recorder software (software perekam layar gratis) yang satu ini mungkin dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan dari sekian yang ada. 

6. Webinaria
9 Software Perekam Layar Gratis (Free Screen Recorder)

Webinaria ini salah satu dari free screen recorder software (software perekam layar gratis) yang mudah digunakan dengan pilihan dasar untuk kebutuhan merekam aktifitas layar komputer kita. Software  ini dapat merekam seluruh layar, atau juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.  Kita dapat memilih salah satu dari tiga tingkat FPS. 5, 10 dan 15 FPS (frame per detik).


Video yang dihasilkan akan tersimpan dalam bentuk AVI.

7. Icecream Screen Recorder  
9 Software Perekam Layar Gratis (Free Screen Recorder)

Free screen recorder software yang satu ini namanya sangat unik,  mengingatkan kita pada kesukaan anak-anak, yaitu Icecream.  Icecream screen recorder, perangkat gratis yang memungkinkan kita untuk menangkap setiap kegiatan yang terjadi pada area layar komputer kita baik sebagai screenshot atau file video. Perangkat lunak intuitif dan mudah digunakan ini  menawarkan fitur lengkap dan pilihan untuk menangkap setiap aktifitas yang terjadi di layar komputer kita. Dengan Free screen recorder software (software perekam layar gratis) kita dapat melakukan perekaman layar ketika kita melakukan  webinar, mainkan game dan video Skype dengan kualitas HD. 

 

8. Active Presenter
9 Software Perekam Layar Gratis (Free Screen Recorder)

Kalau software yang satu ini gratis tetapi ada edisi premium-nya atau edisi berbayar. Namun untuk kebutuhan dasar merekam layar pada PC kita, admin kira edisi yang gratis sudah cukup memadai. Mungkin ada baiknya untuk sobat coba sendiri, siapa tahu akan cocok.  

 

9. DVDVideoSoft Free Screen VideoRecorder
9 Software Perekam Layar Gratis (Free Screen Recorder)

Free screen recorder software (software perekam layar gratis) yang terakhir adalah DVDVideoSoft Free Screen Video recorder. Seperti software yang lainnya, hasil dari rekaman layar yang kita lakukan, akan tersimpan dalam bentuk AVI. 

Itulah 9 Free screen recorder software (9 software perekam layar gratis) yang dapat logodangambar.blogspot.com bagikan untuk sobat pengunjung blog ini. Selain dari sembilan software tersebut diatas, sebenarnya masih ada lagi, seperti Krut Computer Recorder, Action. Selamat mencoba dan memilih, semoga bermanfaat.

Dari berbagai sumber.
/>
9 Software Perekam Layar Gratis (Free Screen Recorder) | LogodanGambar | 5

0 komentar:

Post a Comment