Cara Menulis / Mengetik Cepat Di Office Word

/>
Kendala yang paling umum dialami oleh seseorang yang ingin menuliskan sesuatu adalah kemampuan  menuliskannya atau mengetik yang tidak bisa cepat. Seperti kita ketahui bersama, sebagian besar dari kita menggunakan program office word. Dan umumnya yang paling sering terjadi adalah ketika kita ingin belajar agar bisa menulis atau mengetik di program office word ini, perhatian kita tertuju pada banyaknya menu yang harus kita kuasai semuanya yang ada pada tampilan di program office word. Kalau ini yang terjadi, maka kita akan menyerah sebelum benar-benar mencoba melakukannya.

Untuk sekedar menulis dengan cepat dan rapi di office word, kita tidak harus tahu dan menguasai semua menu-menu yang ada pada tampilan office word tersebut. Juga tidak harus menulis atau mengetik dengan metode sepuluh jari. Apakah bisa? Bisa. Ketrampilan menulis atau mengetik dengan metode sepuluh jari akan datang dengan sendirinya. Yang penting adalah mencoba, mencoba dan mencoba.
Cara Menulis / Mengetik Cepat Di Office Word1

Setidaknya ada 5 point yang harus kita mengerti dan kuasai. Selebihnya bisa kita pelajari dengan metode coba2. 5 point ini adalah yang paling penting dan  sering digunakan dalam kegiatan mengetik atau menuliskan sesuatu dengan menggunakan program office word. Mari kita bahas satu demi satu.

1. Page Set Up
Page set up adalah men-setting- lembar kerja di layar computer disesuaikan dengan kertas yang akan kita gunakan sebagai media print out – nya. Hal yang perlu untuk dimengerti yang berhubungan dengan page set up ini adalah ;

Margins : adalah jarak tulisan dengan tepian / pinggir kertas. Left berarti sebelah kiri, right sebelah kanan, top sebelah atas, dan bottom sebelah bawah. Untuk orientasi lembar kerja mudah utk dipahami.
Yang paling sering terjadi adalah ketika kita pertama kali menggunakan office word yang ada di computer kita, satuan ukuran yang dipakai adalah inchi, hal ini pasti membuat kita bingung, karena satuan ukuran yang dipakai di Indonesia adalah centimeter. Untuk mengubahnya klik saja ikon word (2007-2010) yang ada di pojok kiri atas, maka akan muncul jendela, di sana akan ada menu “word options” klik

2. Indentation
Indentation ini sangat penting untuk dipahami, karena akan mempengaruhi kerapihan hasil pengetikan kita di office word. Nyatanya sebagian besar dokumen ataupun naskah-naskah kebanyakan menggunakan indentation ini. Indentation ini meliputi, first line indent, hanging indent, dan left indent. Tiga hal ini sangat perlu untuk dipahami.

First line indent adalah huruf pertama pada baris pertama dari suatu paragraph yang posisinya lebih menjorok ke dalam beberapa huruf dari tepian paragraph. Contohnya adalah sebagai berikut ;
Hanging indent adalah huruf pertama dari baris kedua dan seterusnya dari suatu paragraph yang posisinya lebih menjorok ke dalam dari pada baris di atasnya (baris pertama dari suatu paragraph). Contohnya adalah sebagai berikut :

Left indent adalah jarak dimulainya suatu paragraph dengan left margin. Left indent pada umumnya posisinya sama dengan left margin. Tapi terkadang juga diperlukan jika akan membuat suatu paragraph tertentu yang posisinya berbeda dengan paragraph lainnya. Atau membuat alamat si penerima surat juga bisa memakai left indent ini.

3. Tabs
Tabs ini juga sangat sering digunakan. Pemahaman akan tabs ini akan membuat lebih mudah, cepat dan rapi tulisan yang kita buat. Tabs terdiri dari left tab, right tab, center tab, decimal tab, dan bar tab. Tombol tab sendiri letaknya di bagian kiri atas lembar kerja (atas bener dari ruler atau penggaris atau alat ukur).  

4. Auto Correct
Mengenal kegunaan auto correct akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kecepatan kita menulis atau mengetik menggunakan office word. Karena fitur auto correct ini bisa kita pakai untuk membuat singkatan-singkatan kata-kata yang paling sering digunakan dalam pemakaian bahasa Indonesia, khususnya yang sedang kita tulis. Keuntungan dari menggunakan fitur auto correct ini, kesalahan-kesalahan pengetikan dapat diminilisir semaksimal mungkin. Daftar kata-kata yang ada pada fitur auto correct semuanya bahasa Inggris, namun kita dapat menambahkan kata dari bahasa Indonesia dan sebanyak kata yang kita  mau. Seperti kata “yang” bisa kita singkat dengan “yg”, “sebagai” bisa kita singkat dengan “sbg”, “kewajiban” bisa kita singkat dengan “kwj” dan lain sebagainya, yang sekiranya mudah kita ingat, tetapi bukan merupakan sebuah kata yang lazim. Di bawah ini ada beberapa contoh kata-kata yang admin tambahkan pada auto correct, tentu saja sobat dapat berbeda dalam menyingkat kata-kata mudah diingat sesuai dengan selera sobat.
Hari-hari admin singkat menjadi harii ; semua kata-kata ulang mengalami perlakuan dengan metode yang sama. Contohnya sewaktu-waktu disingkat menjadi sewaktuu, berlama-lama disingkat menjadi berlamaa.

5. Menghafal shortcut keys
Apa itu shortcut key? Shortcut key dalam bahasa awam mungkin bisa dikatakan sebagai tombol pintas. Jadi kita tidak usah menggunakan mouse kita untuk melakukan apa yang kita inginkan. Seumpama kita ingin print out hasil kerja kita, kita tidak usah menggunakan mouse untuk membuka menu print, tetapi cukup dengan menggunakan keyboard dengan menekan tombol ctrl + P (tombol ctrl dan huruf P). Berikut adalah tombol sortcut key bawaan office word, yang sering digunakan ;

Save : ctrl + S
Copy ; ctrl + C
Paste ; ctrl + V
Bold (huruf tebal) ; ctrl + B
Italic (huruf miring) ; ctrl + I
Underline (garis bawah huruf) ; ctrl + U

Align Text Left ; ctrl + L
Center Text ; ctrl + E
Align Text Right ; ctrl + R
 Justify ; ctrl + J
Undo ; ctrl + Z
Print ;  ctrl + P
Exit ; Alt + F4

Kalau mau membuat shortcut key sendiri juga bisa, seperti misalnya shortcut key untuk indentation, malah dapat semakin mempercepat kita menulis atau mengetik menggunakan office word.

Itulah 5 (lima) poit yang harus kita mengerti dan pahami, untuk bisa menulis dan mengetik dengan cepat di program office word. Untuk tahap awal mengerti dan memahami 5 (lima) hal yang tersebut di atas, kita dapat menulis dengan benar dan lebih cepat, sehingga waktu terlalu lama di depan monitor untuk mengetik satu lembar kertas tidak terjadi lagi. 

Semoga bermanfaat.
/>
Cara Menulis / Mengetik Cepat Di Office Word | LogodanGambar | 5

0 komentar:

Post a Comment